Cara Memaksimalkan Postingan Instagram Sesuai Algoritma

isntagram

Digital marketing agency – Sudah bukan hal asing jika Instagram sering dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Baik untuk mengembangkan atau meningkatkan personal branding, meningkatkan brand awareness, promosi produk dan lainnya. Akan tetapi saat mempromosikan merek atau brand di Instagram bukan hanya asal posting saja. Namun Anda juga harus bisa mengetahui algoritma Instagram yang terus berubah. Ini dimaksudkan agar tujuan promosi sesuai dengan algoritma Instagram terbaru dan mendapatkan hasil lebih maksimal. Algoritma Instagram memang terus mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu sama seperti platform internet lainnya.

7 Cara Memaksimalkan Postingan Instagram

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis di Instagram. Memaksimalkan konten yang di posting adalah cara paling jitu. Namun jika tidak diimbangi dengan penerapan algoritma Instagram tentu tidak akan maksimal. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan postingan sesuai dengan algoritma Instagram.

  1. Konsisten Membuat Postingan

Membuat postingan Instagram dengan konsisten tidak hanya akan membantu merek atau brand dijangkau oleh pengguna lain dengan mudah. Namun juga memungkinkan target audience melakukan interaksi pada postingan yang sudah di unggah. Selain itu juga akan membuat akun bisnis bisa beradaptasi dengan algoritma Instagram. Untuk membuat postingan secara rutin bisa dimulai dengan memiliki kalender postingan. Jadi nantinya bisa memudahkan dalam menentukan dan pembuatan konten Instagram.

  1. Melakukan Analisa Akun Bisnis

Apabila akun Instagram yang Anda miliki sudah beralih ke akun bisnis atau kreator. Nantinya bisa mendapatkan fitur insight. Fitur ini akan memberikan berbagai macam informasi mengenai konten yang sudah diposting. Selain itu juga bisa mengetahui data follower. Mulai dari jenis kelamin, usia, dan lokasi demografi. Dengan mengetahui informasi-informasi ini maka akan mempermudah menganalisa mengenai konten audience. Misalnya tahu kapan mereka akan online, berasal dari mana, dan lainnya. Setiap akun Instagram mempunyai waktu terbaik dalam membuat postingan. Jadi sangat penting untuk bisa mempelajari kebiasaan audience ini.

  1. Membangun Hubungan Berkualitas

Mempunyai hubungan baik dengan follower bisa membuat akun bisnis dikenal oleh banyak orang. Misalnya dengan menggunakan fitur Q&A di Instagram Story atau konten Feed. Nantinya bisa berbalas dm atau komentar. Anda bisa memberikan respon yang cepat dan gunakan bahasa baik. Dengan begitu bisa menggiring lebih banyak interaksi antar followers.

  1. Menggunakan Hastag yang Tepat

Hastag dipakai oleh Instagram untuk mengelompokkan jenis konten atau topik yang sama. Dengan menggunakan hastag yang tepat akan membuat postingan bisa dilihat oleh banyak orang. Semakin populer hastag yang digunakan maka semakin banyak yang mencari dan menggunakan hastag tersebut. Dalam pemilihan hastag ini harus disesuaikan dengan relevansi postingan. Misalnya ingin memposting konten madu anak, maka bisa menggunakan hastag #maduanak atau #maduanaksehat

  1. Kolaborasi dengan Influencer

Apabila ingin memperluas jangkauan akun Instagram bisnis, maka bisa mencoba berkolaborasi dengan influencer Instagram. Influencer adalah seseorang yang sudah mempunyai jumlah follower banyak dan memiliki pengaruh besar. Biasanya influencer ini adalah selebritis, selebgram, atau YouTuber. Dalam sebuah artikel, hampir 40% pembelian dilakukan oleh pelanggan yang sudah melihat review produk dari Influencer.

  1. Memberikan Reward

Untuk menghasilkan lebih banyak traffic dan interaksi di Instagram sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah memberikan reward. Misalnya memberikan hadiah pulsa atau yang lainnya. Sekarang ini banyak akun besar di Instagram yang memberikan reward untuk follower setianya.

  1. Membuat Konten Bermanfaat

Selain itu Anda juga harus bisa membuat konten postingan yang bermanfaat bagi follower. Dengan membuat konten bermanfaat, bukan hanya follower saja yang mendapatkan manfaatnya. Namun mereka juga bisa membagikan ke media social lain. Jadi akan ada banyak orang yang mendapatkan manfaat dari postingan tersebut.