Ciri-ciri Beras Plastik Yang Wajib Kita Ketahui

Beras plastik adalah beras yang berbahan dasar plastik yang apabila kita konsumsi dengan skala besar dan terus-menerus akan mengakibatkan dampak dan bahaya yang ditimbulkan beras plastik tersebut. Untuk membedakan mana beras plastik dan beras asli sangatlah sulit karena mereka memiliki kesamaan dan bahkan sulit untuk dibedakan. Tetapi peneliti gizi menjelaskan bahwa beras plastik dapat kita bedakan mulai dari kita membeli beras tersebut dan proses bila beras itu di olah/di masak. Beras plastik bila dikonsumsi akan menimbulkan efek gejala awal berupa: sakit kepala, perut diare, perut kembung, bahkan bahayanya lagi bila dikonsumsi terus menerus akan mengakibatkan penyakit kanker paru-paru, kanker hati. Nah pasti semua orang tidak menginginkan hal tersebut. Untuk bisa membedakan beras asli dan beras plastik para peneliti gizi memberikan perbedaan diantaranya antara:

  • Bentuk beras

Beras pada umumnya memiliki bentuk bulat agak lonjong, tetapi kalau beras plastik memiliki bentuk panjang dan memiliki ujung yang sangat runcing. Pada umumnya beras asli tidaklah memiliki bentuk ujung yang lonjong.

  • Warna beras

Beras yang asli memiliki warna yang putih bersih dan agak bertepung, sedangkan beras plastik memiliki warna sangat putih dan mengkilap. Biasanya orang sering tertarik membeli beras dengan warna yang sangat putih, mereka berpendapat bahwa beras yang berwarna putih itu beras yang masih baru yang berasal dari petani padi. Sekarang beras yang berwarna putih tidak menjamin keaslian beras itu sendiri.

  • Tekstur berasĀ 

Tekstur beras yang baik biasanya bertekstur pulen bila dimasak dan tidak lembek. Beras asli biasanya dimasak akan membuat beras itu menjadi pulen, beras plastik bila dimasak tidak banyak menyerap air dan apabila nasi itu sudah mata akan memiliki tekstur yang keras, dan nasi itu akan menggumpal beda dengan nasi yang berasal dari beras asli.

  • Rasa nasi

Pada umumnya nasi memiliki citarasa yang gurih dan nikmat disantap menggunakan berbagai macam lauk-pauk. Tetapi kita sangat mudah membedakan nasi yang berbahan dasar beras plastik, karena nasi yang berbahan dasar beras plastik tidak memiliki cita rasa yang gurih melainkan hanya memiliki rasa yang hambar bila dikonsumsi. Bila dimakan dengan lauk yang berkuah nasi yang berbahan dasar beras plastik akan menimbulkan rasa aneh pada makanan yang kita makan.

  • Pada saat pengolahan beras

Mengolah beras untuk menjadi nasi merupakan tahapan terpenting dan cara mudah untuk membedakan apakah beras itu memang beras asli atau melainkan beras yang kita masak adalah beras plastik. Dalam proses pengolahan nasi biasanya, beras yang asli akan banyak menyerap air untuk bisa matang, tetapi kalau beras plastik tidak banyak menyerap air karena plastik tidak suka menyerap air. Selanjutnya apabila kita masak beras biasanya akan langsung mengumpul ke tengah, sedangkan beras plastik tidak akan mengumpul melainkan akan menempel ke pinggir wadah dan akan lengket.

Nah semoga bisa membedakan dan berhati-hati dalam membeli beras di pasaran. Berikut sedikit ulasan mengenai beras yang mengandung plastik, karena beras plastik sudah merajalela di pasaran tradisional bahkan di supermarket sekali pun. Tentunya anda tidak ingin keluarga yang anda sayangi sakit karena anda salah pilih membeli beras yang mengandung plastik bukan.